SEMARANG, SEMAREVENT – Hari ini untuk pertama kalinya Ruang Belajar (instagram.com/ruang.belajar) mengadakan kelas kreatifnya di Semarang (12/11). Kelas kreatif yang pertama ini mengusung tema Terrarium Art Class. Nah, mungkin sebagian besar dari kalian belum tau nih apa itu Terrarium. Jadi, bisa dibilang terrarium itu membudidayakan tanaman yang dibentuk sedemikian rupa, di dalam sebuah wadah transparan. Mau tau lebih lanjut gimana keseruan membuat terrarium? Check it out!

14276638_664558463707798_1749329391_n.jpg

credits : instagram.com/tamankecil

Nah, jadi kelas kreatif kali ini diprakarsai oleh Ruang Belajar, dengan mentor mas Hendra Adi Winata selaku pemilik Taman Kecil. Mas Hendra sendiri pada dasarnya merupakan seniman yang bergerak dibidang desain interior. Pada tahun 2014, karena hobby dan ketidaksengajaan mas Hendra pun akhirnya membentuk sebuah wadah yaitu Taman Kecil. Taman Kecil sendiri menjual berbagai macam jenis terrarium dan juga aktif mengadakan workshop di berbagai kota.

IMG_9849.jpg

Mas Hendra ketika sedang menjelaskan step by step membuat terrarium.

Langkah-langkah dalam membuat terrarium sebenarnya cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat. Seperti batuan kecil, yang berfungsi sebagai drainase. Kemudian ada serabut kayu atau pakis untuk penyerapan air, tanah jenis apa saja untuk levelling, dan bahan utamanya yaitu moss. Sebenarnya yang membuatnya cukup rumit adalah menentukan konsep dan membuat hiasannya. Namun, kali ini peserta sudah dibekali hiasan rumah-rumahan yang sudah jadi πŸ™‚

IMG_9833.jpg

Bahan-bahan yang dibutuhkan.

Setelah semua bahan terkumpul, kita sebenarnya hanya perlu memasukkan dan membentuk bahan-bahan tersebut ke dalam wadah yang telah disediakan. Untuk wadah sendiri, yang penting wadah tersebut bening dan bersih, maka telah memenuhi kriteria sebagai wadah yang baik, berbentuk apapun itu. Mungkin kalian juga bisa menggunakan stoples yang ada di rumah.

img_9828

Gelas bening pun dapat menjadi pilihan wadah terrarium.

Pertama-tama kita perlu memasukkan batu-batu kecil, kemudian serbuk kayu, dan membentuk tanah sedemikian rupa, dmeletakkan moss secara perlahan dan yang terakhir menghiasnya sedemikian rupa. Nah cukup mudah bukan? Namun, tetap dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menata bahan-bahannya πŸ™‚

IMG_9846.jpg

Bahan-bahan diatur dan dimasukkan dengan hati-hati.

Bagi kalian yang ingin memiliki taman, namun tidak mempunyai lahan yang cukup luas, mungkin terrarium dapat menjadi solusinya! Taman Kecil menyediakan juga berbagai terrarium custom dengan kisaran harga 60.000-200.000 bagi kalian yang ingin memilikinya!

 

Watch it on our youtube channel : https://youtu.be/aiOFkyy6hUo

(SG)

 

IMG_9890.jpg

IMG_9872.jpg

terrarium pun akhirnya jadi!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s