Halo sobat Semarang! Siapa nih yang suka dengerin musik-musik rock?  Kali ini SEMAREVENT bakal ngebahas beberapa band rock yang masih eksis sampai sekarang nih! Memang banyak band pendatang baru dari lokal sampai kelas dunia. Namun, ternyata nggak banyak loh band rock yang bisa bertahan hingga saat ini. Banyak cobaan yang datang silih berganti, bahkan juga ketika mereka sedang berada di puncak popularitas. Bagi band-band yang bisa bertahan lama ada prinsip yang dipengang teguh oleh seluruh anggota demi mempertahankan keutuhan band dan terus bermusik hingga lanjut usia.

Wah siapa aja band-band tersebut? Check this out!

 

God Bless

056640300_1438610951-god_bless-2

credits : google.com


Perjalanan grup band legendaris tanah air yang dibentuk pada 1972 ini patut dicontoh oleh band-band lokal masa kini. Perjalanan band ini pun tak lepas dari perjalanan sang vocalis, Ahmad Albar sekaligus pentolan grup. Iyek, begitu ia disapa mengajak alm. Fuad Hassan (Drum, Donny Fattah (Bass) dan Deddy Dores (Keyboard) untuk membentuk sebuah band. Namun, tak lama berselang Deddy Dores keluar dan digantikan Jockie Serjoprajogo.

Dua tahun berselang pada Juni 1974 , Fuad Hassan dan Soman Lubis mengalami kecelakaan lalu lintas di Tugu Pancoran, Jakarta Selatan dan menyisakan duka mendalam terlebih sang gitaris Ludwig Lemans juga memutuskan untuk keluar, praktis God Bless hanya menyisakan Ahmad Albar dan Donny Fattah. Banyak kalangan ketika itu meramalkan band ini berada di ambang kebubaran.

Namun, semangat baja yang mereka miliki untuk menjadi band rock tanah air membuat mereka bangkit dan mulai mengumpulkan personel baru. Jockie akhirnya bergabung kembali dan mengajak Ian Antono (Gitaris) dan Teddy Sujaya (Drummer) untuk bergabung.

Awalnya God Bless hanya grup band yang tak memiliki lagu dan hanya membawakan lagu dari band terkenal saat itu seperti Deep Purple, Easy Beast, Genesis dan Kansas. Sampai akhirnya mereka mulai mencoba-coba menulis lagu dan merekam mandiri, sampai akhirnya lagu-lagu mereka sampai ke telinga bos PT Aquarius Musikindo, Suryoko yang sering bermain gitar di rumah Ian. Pada tahun 1975 God Bless merilis album perdananya.

Selang 44 tahun sejak awal berdiri Achmad Albar, Donny Fattah, Jockie Soerjoprajogo, Teddy Sudjaja, dan Ian Hantono mencoba menginspirasi generasi muda lewat single Semangat Baja The Anthem hasil kolaborasi dengan musisi tanah air.

The Rolling Stones

rolling-stones-affiche64-opt

credits : google.com

The Rolling Stone adalah band yang terkenal sejak tahun 1960-an dan masih terkenal hingga sekarang. Band ini terbentuk Januari 1963 di London dengan formasi awal yang terdiri dari Mick Jagger (vokal), Keith Richards (gitar), Brian Jones (multi instrumentalis), Bill Wyman (bass), Charlie Watts (drum) dan terakhir Ian Stewards (keyboard).

Ian Stewards keluar dari formasi dan memutuskan menjadi tour manager sekaligus pemain keyboard kelompok ini. Band ini pernah merasakan kesedihan mendalam saat Brian Jones ditemukan tewas tenggelam. Namun, Rolling Stones tak larut dalam kesedihan dan memasukkan gitaris Mick Taylor untuk menggantikan Jones tapi tak lama kemudian digantikan kembali oleh Ronnie Wood.

Tahun 1992 Bill Wayman (Gitaris) mengundurkan diri dan posisinya digantikan oleh Darryl Jones. Walaupun sering gonta-ganti personel band ini membuktikan sebagai salah satu band dunia yang tetap eksis hingga saat ini.

 Queen

queen band.jpg

credits : google.com


Siapa yang tak kenal hits legendaris seperti Bohemian Rhapsody, Love of My Life, I Want To Break Free, dan We are The Champions? Ya, Queen sebagai kelompok musik rock dari Inggris yang amat berjaya pada tahun 70-an hingga saat ini. Bisa dibilang mereka adalah band yang tak pernah ganti personil karena alasan tertentu.

Queen sempat vakum di awal 1990-an ketika vocalis andalan mereka, Freddie Mercury meninggal dunia karena AIDS. Meskipun begitu, mereka masih bisa menelurkan album baru, yaitu Made In Heaven pada 1995 dengan menggunakan suara Mercury yang direkam sebelumnya.

 Metallica

Metallica-Getting-Old.jpg

credits : google.com


Band asal USA yang terkenal lewat musik rock metal ini banyak menghasilkan lagu-lagu rock populer seperti Enter Sandman, I Disappear, One dan Master of Puppets. Formasi pertama Metallica adalah Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Lloyd Grant (gitar) dan Ron Mc Govney (bass). Formasi inilah yang kemudian melahirkan lagu pertama berjudul Hit The Light yang kemudian masuk album kompilasi rock Metal Massacre tahun 1981.

Metallica beberapa kali gonta ganti personel, diantaranya saat Lloyd Grant (gitar) dan Ron Mc Govney (bass) kemudian digantikan oleh Dave Mustaine dan Cliff Burton. Tak berhenti sampai situ Mustaine akhirnya juga keluar dan mendirikan band Megadeath setelah berseteru dengan James Hetfield.

Tanggal 27 September 1986, dalam perjalanan tur ke Skandinavia bus yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dan Cliff Burton (bass) meninggal dunia. Oktober 1986, posisi Cliff Burton digantikan oleh Jason Newsted, basis dari grup Floatsam And Jetsam.
Pada 1 November 2011, metallica bersama Band Lou Reed merlilis album dan pada 13 desember 2011 mereka mengeluarkan EP mereka yang terbaru berjudul “Beyond Magnetic”.

Walaupun keempat band ini sudah sangat dikenal, namun tetap saja mereka memiliki kesamaan pada awal karir. Mereka memiliki semangat baja untuk bertahan di dunia musik. Hasilnya? Sudah sangat terbukti, sekarang mereka menjadi band yang akan selalu dikenal dan dikenang. (KB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s